Share

Flinders University Pelajari Penanganan HIV/AIDS di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, menyambut kedatangan rombongan dari Flinders University Australia beserta Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Bojonegoro di rumah dinas, selasa (6/10).

Kedatangan mahasiswa Flinders University ini untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana serta penanganan penderita HIV/AIDS di RSUD Sododoro Djatikusumo dan Puskesmas Kalitidu.

“Kami sangat berterima kasih atas kedatangan rekan-rekan Flinders University untuk memantau penyakit mematikan ini,” kata bupati yang karab disapa Kang Yoto.

Saat ini, kata dia, penyebaran virus HIV/AIDS di Bojonegoro kebanyakan dari luar daerah. Misalnya, pekerja yang pulang dari merantau di luar pulau dengan membawa virus ini.

“Bahkan, ada salah satu warga yang yang mengidap HIV/AIDS pulang ke Bojonegoro malah berpenampilan menggoda. Bisa-bisa malah menularkan ke yang lain kalau seperti itu,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah melakukan berbagai upaya untuk menangani penyakit ini di tingkat masyarakat. Yakni, dengan pendekatan sosial tanpa harus mengucilkan penderita.

Perwakilan dari Flinders University, Wendy Abigail, Phd menyampaikan, ada perbedaan pada penderita AIDS di Australia dan Indonesia. Karena, di negara asalnya, baik pemerintah maupun masyarakat tidak ada yang menutupi penderita AIDS. Hal ini dikarenakan, si penderita bisa mendapatkan penanganan secara intensif dan tidak menyebar.

“Kalau disini sebaliknya, malah ditutupi karena malu,” ujarnya dalam bahasa Inggris.

Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, di tahun 2014 ada sebanyak 132 kasus HIV/AIDS dengan total akumulasi 532 kasus.

Di semester satu tahun 2015 ini jumlah kasus tersebut bertambah, yakni data yang ada di bulan Januari hingga Mei ada sebanyak 64 kasus sehingga total akumulasi kasus sejak ditemukannya kasus HIV di Bojonegoro ada sebanyak 596 kasus.(dwi/*mcb)

Leave a Comment