Share

Forpimda Bojonegoro ziarah Makam Leluhur Jelang Puncak HJB

Bojonegoro, 19/10 (Media Center) – Jelang puncak acara memperingati Hari Jadi Bojonegoro (HJB) yang ke-341, Bupati Bojonegoro bersama jajaran forum pimpinan daerah (forpimda) melakukan ziarah ke makam leluhur, Kamis (18/10). Para leluhur ini diyakini sebagai pendiri atau tokoh Kabupaten Bojonegoro di masa lalu.

Bupati Bojonegoro yang akrab disapa Bu Anna mengatakan bahwa ziarah ini merupakan salah satu cara agar selalu mengingat kebaikan-kebaikan para leluhur selama hidup mereka dulu.

“Sehingga kita bisa termotivasi dengan apa yang telah mereka lakukan kepada Bojonegoro. Dan itu bisa menjadi suri tauladan dan menumbuhkan semangat cinta kepada Bojonegoro,” ungkapnya.

Ziarah diawali dengan ziarah ke makam Pangeran Aryo Dalem di Pemakaman Buyut Dalem Kelurahan Kadipaten, Kecamatan  Bojonegoro. Pangeran Aryo Dalem sendiri merupakan putra dari Bupati Ronggolawe yang sekarang menjadi Kabupaten Tuban, yang juga Adipati pada tahun 1614-1619.

Acara dimulai dengan doa yang dipimpin oleh juru kunci makam Buyut Dalem, usai doa, melakukan tabur bunga di makam yang diikuti oleh forpimda dan jajaran Pemkab Bojonegoro yang hadir.

Usai ziarah di makam Buyut Dalem, Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro bersama para rombongan melanjutkan ziarah ke makam Andongsari di Ledok kulon, Makam Haryo Metahun di Desa Ngraseh, Kecamatan Dander,  petilasan Angling Dharma di Kalitidu, makam Menak Anggrung di Padangan dan  terakhir di makam Wali Kidangan Sukorejo, Kecamatan Malo.(*lya/mcb)

Leave a Comment