Share

Game Si Otong Isi PLSBSB SMP N 1 Purwosari

Bojonegoro (Media Center) – Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (PLSBSB) di SMP Negeri Purwosari, Kecamatan Purwosari, Senin (18/7), berlangsung meriah. Usai upacara bendera dan serahterima peserta didik baru dari orang tua kepada pihak sekolah, kegiatan diisi dengan permainan yang mendidik.

Sebelum permainan dimulai, Kepolsek Purwosari, AKP Susilo yang menjadi pembina upacara menyerahkan hadiah kepada siswa yang memperoleh nilai tertinggi test skolastik pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dilanjutkan pemberian pengarahan kepada wali murid dan siswa oleh pihak sekolah.

Permainan yang diberikan kepada 288 peserta didik baru ini beranama “Si Otong”. Dalam game ini, setiap siswa diwajibkan membuat kata perintah yang didahului dengan Si Otong. Bagi siswa yang tidak bisa membuat kata perintah harus jujur, bertanggungjawab dan bersedia dihukum mengenalkan dirinya.

“Dalam permainan ini kami memasukan unsur tentang bagaimana mengenalkan diri,tanggung jawab, ketelitian, keberanian, dan kejujuran kepada para siswa,” kata Kepala SMP Negeri 1 Purwosari, Djoko Sutrisno.

Penilaian dalam permainan ini pun berbeda. Bagi siswa yang gagal dalam permainan ini dinobatkan sebagai pemenang. Sebagai bentuk apresiasi, mereka diminta untuk tetap tinggal di lapangan dan diberi penghargaan satu buah balon dan harus ditiup hingga meletus.

Semua permainan itu dilaksanakan dengan baik oleh para siswa. Karena sebelumnya mereka telah dikonfirmasi apakah memiliki penyakit jantung, asma, paru-paru atau tidak.

“Setelah game kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan sekolah dengan pemandu pengurus OSIS,” pungkas Djoko.

Sementara itu, PLSBSB di SMA N 1 Padangan diawali dengan upacara bendera yang diikuti orang tua dan peserta didik baru. Bertindak sebagai Pembina Upacara yakni Camat Padangan, Farid Naqib.(dwi/mcb)

Leave a Comment