Share

Garin Nugroho: Saya Kagum Dengan Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Sutradara Garin Nugroho menyatakan kagum dengan Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), yang memiliki desa yang selalu kena musibah banjir, namun mampu menghasilkan belimbing untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

“Saya kagum, sebab tidak ada di dalam sejarah bangsa di dunia ada sebuah negara atau daerah yang muncul langsung dengan sempurna,” katanya, ketika berkunjung ke Agro Wisata belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Minggu.

Apalagi, katanya,  belimbing merupakan simbol di dalam Agama Islam, sehingga masyarakat di desa ini benar-benar memperoleh berkah dari Allah SWT.

Ia yang didampingi Wakil Menteri ESDM Susilo Siswo Utomo, Bupati Bojonegoro Suyoto, juga rombongannya yang tergabung dalam tim pelanggi, membandingkan desa setempat dengan negara Venesia yang awalnya merupakan tumpukan sampah oleh pemimpin setempat bisa diubah menjadi kota yang cantik.

Bupati Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Suyoto, pada kesempatan itu, menjelaskan produksi belimbing di desa setempat mulai dirintis seorang warga di desa setempat Haji Nur pada 1984.

Ia (Haji Nur), katanya, menanam belimbing tidak sendirian, tapi bibitnya dibagikan kepada warga lainnya untuk diajak ikut menanam belimbing.

“Saat ini luas pohon belimbing di Kecamatan Kalitidu ini seluas 38 hektare. Bagi warga kehadiran pohon belimbing merupakan usaha mereka keluar dari kemiskininan, sebab merupakan daerah banjir Bengawan Solo,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Menteri ESDM Susilo Siswo Utomo sangat mendukung pengembangan pangan di daerah  setempat, seperti belimbing, jambu, juga produk lainnya, disamping potensi migas yang dimiliki.

“Yang penting hasil dari produk migas tidak dihabiskan, tapi dimanfaatkan dengan baik, sehingga anak cucu bisa ikut menikmati,” tandasnya. (samcb)

Leave a Comment