Share

Pembeli gas Bojonegoro Pertamina dan Pupuk Kujang

Bojonegoro (Media Center) – Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) menyatakan, ada dua pembeli gas dari Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang telah ditentukan Pemerintah yaitu Pertamina dan PT Pupuk Kujang Cikampek, Jawa Barat.

“Kalau Perusahaan Listrik Nasional (PLN) mau beli ya silahkan, tapi melalui Pertamina,” kata “General Manager” PEPC, Bob Wikan, Kamis (28/1).

Ia menyampaikan alokasi gas di Kecamatan Ngasem, Tambakrejo, Purwosari dan Gayam itu, diberikan untuk Pertamina sebesar 100 juta standar kaki kubik (MMSCFD) per hari dan untuk PT Pupuk Kujang Cikampek sebesar 85 juta standar kaki kubik.

“Harga gas sudah disepakati bersama, meski dari PT Pupuk Kujang masih dalam penawaran,” jelas dia.

Ia mengatakan harga jual gas untuk Pertamina adalah 8 dolar Amerika Serikat dengan eskalasi atau pertambahan 2 persen per tahun, sejak 2012. Sementara PT Pupuk Kujang menawar 7 dolar Amerika Serikat, dengan eskalasi 2 persen per tahun, sejak 2012.

“Untuk PT Pupuk Kujang akan melakukan pembayaran pada saat menerima gasnya,” ucapnya.

Sesuai keterangan, produksi gas Jambaran-TBR, yang dijadwalkan akan dimulai Oktober 2018, mencapai puncaknya kuartal pertama 2019, sebesar 315 juta standar kaki kubik per hari.

Namun, dari produksi gas bersih yang dihasilkan sebesar 185 juta standar kaku kubik per hari, yang kemudian dimanfaatkan Pertamina dan PT Pupuk Kujang, Cikampek, Jawa Barat. (dwi/mcb)

Leave a Comment