Share

Gedung Budaya Bojonegoro Dalam Tahap Perencanaan

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, segera melaksanakan pembangunan gedung budaya yang rencananya terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Jetak, diatas lahan seluas 13 hektar

“Untuk tahap perencanaan tersebut dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, sedangkan Disbudpar hanya mengusulkan gedung apa saja yang akan dibangun,” ujar Kabid Pengembangan dan Pelestarian Budaya Disbudpar, Suyanto, Senin (11/7).

Suyanto mengungkapkan, tahun ini Disbudpar mengusulkan pembangunan untuk gedung mesuem dan panggung hiburan. Untuk gedung budaya, nantinya akan memiliki 6 ruang pameran dan terbagi di dua lantai.

Di Lantai 1 akan ada tiga ruang pameran meliputi ruang geologi-peleontologi, ruang kedua adalah ruang Nirleka yakni prasejarah, ruang ketiga adalah ruang arkeologi sejarah.

Sedangkan gedung lantai dua juga akan diisi tiga ruang pameran yakni, ruang lumbung pangan dan energi, display kilang minyak dan gas, stand foto kilang minyak, stand alat-alat pertanian, ruang kedua yakni ruang bengawan yang akan diisi stand foto proyek waduk pacal, stand rekontruksi, stand sosial budaya masyarakat DAS Bengawan Solo.

“Di ruang ketiga lantai dua ada ruang Etnografi yang akan mendisplay wayang tengul, wayang purwa, wayang klitik, oklik, sandur, sindir, karawitan, gamelan kerajinan akar, gerabah,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment