Share

Pengelola Laman Desa di Bojonegoro Ikuti Pelatihan

Bojonegoro (Media Center) – Pengelola Laman desa (website desa) se-Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (28/1), mengikuti pelatihan dalam mengelola laman desa, sebagai tindak lanjut diluncurkannya laman desa di kecamatan setempat.

Kegiatan pelatihan yang dipusatkan di tiga titik yakni di Desa Bongangin, Desa Sumuragung dan Desa Mlijeng ini masing-masing diikuti perwakilan dari delapan desa lainnya.

Koordinator pengelola laman desa se-Kecamatan Sumberrejo, Sofyan menuturkan, acara yang menjadi tindak lanjut usai diresmikannya laman desa se-Kecamatan Sumberrejo ini berlangsung lancar.

Ia mengatakan, sebelum pelatihan kali ini, para peserta telah mendapat pelatihan pengenalan terkait operasi laman desa.

“Dengan adanya laman desa ini, pengelola bisa menggali dan mengelola potensi desa dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” jelas dia.

Dengan aktifnya 26 laman desa se-Kecamatan sumberrejo ini diharapkan mampu membuat Kecamatan Sumberrejo menjadi percontohan lama desa di Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, menjelaskan pihaknya akan terus mendorong terbentuknya laman desa (419 desa) di daerahnya.

Terbentuknya laman desa, lanjut dia, merupakan bentuk keterbukaan informasi publik di desa, sebagaimana diamanatkan di dalam undang-undang.

“saat ini sudah ada sekitar 64 laman desa, belum termasuk blog. Target kami seluruh desa di Bojonegoro sudah terbentuk laman desa, pada 2017,” katanya, menegaskan. (*mcb)

Leave a Comment