Share

Giatkan GDSC, PKK Bojonegoro Pantau Kondisi Lapangan

Bojonegoro (Media Center) – Program pemerintah Kabupaten Bojonegoro yakni Gerakan Desa Sehat dan cerdas (GDSC) terus dilaksanakan. Untuk menyukseskannya, Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Bojonegoro langsung terjun ke lapangan untuk memantau kegiatan GDSC.

Mendukung upaya GDSC ini, TP-PKK Bojonegoro melakukan pembinaan di berbagai bidang. Diantaranya penguatan teknologi informatika (IT‬) bagi kader PKK di tingkat desa. Sebanyak 60 kader PKK telah mengikuti pelatihan IT yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo).

“Dengan pelatihan ini, diharapkan semua anggota PKK sudah bisa menggunakan IT dan menguasai teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” ujar Ketua TP-PKK Bojonegoro, Mahfudhoh Suyoto, Rabu (2/3).

Inovasi lainnya yang dilakukan Tim Penggerak PKK adalah pemantauan tentang Kebun Sehat Bergisi Posyandu (KSBP) yang juga merupakan inovasi dalam rangka melatih jiwa kewirausahaan para kader PKk ditingkat Dasa Wisma. KSBP ini juga bertujuan untuk peningkatan perekonomian keluarga sekaligus memberikan pemenuhan gizi untuk keluarga khususnya adalah balita. Sistem KSBP ini adalah Podo Roso Seneng Lan Makaryo (memiliki rasa senang dan berkarya).

Sementara kegiatan lain yang terus diagendakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro,Mahfudhoh Suyoto, yakni melakukan pendampingan sekaligus pemantauan penerapan Kartu Posyandu Sehat (KPS).

“KPS ini diimplementasikan di Taman Posyandu baik Balita maupun Lansia diseluruh wilayah Bojonegoro,” katanya.

Dijelaskan, KPS diciptakan dalam rangka sebagai jejak rekam kesehatan masing-masing individu yakni balita, lansia dan ibu hamil sehingga terpantau sekaligus dapat diketahui deteksi dini sekaligus langkah dan tindakan selanjutnya.

“KPS juga merupakan inovasi yang diciptakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro dalam rangka mensukseskan Gerakan Desa Sehat dan Cerdas yang memanfaatkan para kader sebagai pemantau langsung kegiatan dilapangan,” jelasnya.(mcb )

Leave a Comment