Share

Gubernur Imbau PNS Netral Saat Pilkada

Bojonegoro, 8/12 (Media Center) – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengeluarkan surat edaran tentang netralitas pegawai aparatur sipil negara masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung pada Juni 2018 mendatang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto, mengatakan, sesuai surat Gubernur Jawa Timur Nomor : 131/21726/011.2/2017 tanggal 15 November 2017 perihal netralitas pegawai negeri sipil masa kampanye pemilihan Kepala Daerah merupakan himbauan yang harus ditaati oleh semua Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Himbauan ini sejalan dengan pasal 9 ayat 2 Undang Undang nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik,” tegasnya.

Ketentuan tersebut merupakan perwujudan kebijakan dan manajamen ASN yang menganut asas netralitas yakni untuk menciptakan PNS yang profesional dan berkinerja.

“Sehingga dapat memberikan pelayanan secara adil dan netral serta menjadi perekat dan pemersatu bangsa,” tukasnya.

PNS tidak melakukan tindakan yang menguntngkan dan atau merugikan salah satu pasangan calon dalam Pilkada. Adapun sanksi yang dikenakan bagi PNS yang melanggar ketentuan adalah hukuman disiplin sedang dan berat.

“Akan ditindak tegas jika ada yang melanggar,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment