Share

Gunungan Akan Semarakkan Festival Belimbing Bojonegoro

Bojonegoro, 30/9 (Media Center) – Berbagai event akan digelar untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) yang ke-339, salah satunya adalah Festival Belimbing yang akan digelar di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu pada Minggu (13/10) mendatang.

Salah satu panitia Festival belimbing, Suwoto mengatakan, sedikitnya ada tiga ton buah belimbing yang akan disusun menjadi gunungan dan diarak keliling desa.

“Tinggi gunungnya sekitar lima meteran. Kalau tahun 2015 lalu jumlah blimbingnya dua ton dan tinggi gunungannya sekitar dua meteran,” kata Suwoto, Jumat (30/9).

Gunungan belimbing ini akan diarak dari Balai Desa Ngringinrejo menuju kebun belimbing di desa setempat. Kebun belimbing seluas 20, 4 hektar dengan jumlah pohon sebanyak 10 ribu lebih yang dimiliki oleh 98 orang petani tersebut telah menjadi salah satu andalan Agrowisata Bojonegoro.

Kemasan Festival Belimbing dalam rangka Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 339 ini, tak berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni dikemas dengan adat Jawa. Para wanita memakai kemben (kebayak), sedangkan pria berpakaian celana komprang.

Mereka akan membunyikan lesung dan melakukan ritual yang dipimpin sesepuh petani belimbing setempat. Lesung tersebut sebagai simbol kesejahteraan petani zaman dahulu ketika mereka sudah memasuki masa panen.

“Sedangkan ritualnya sebagai tanda syukur petani kepada Sang Pencipta dan sekaligus meminta keselamatan agar tanaman mereka tidak terkena serangan hama,” ujar pria yang juga sebagai Kepala Dusun Mejayen, Desa Ngringinrejo itu.

Menurut Suwoto yang sedikit membedakan dalam Festival Belimbing tahun ini adalah pada saat berlangsungnya festival, agrowisata akan ditutup sementara. Semua petani dan masyarakat akan berkumpul dilokasi perhelatan festival.

“Sehingga pengunjung juga bisa mengikuti dan fokus melihat festival ini. Setelah itu agrowisata langsung kita buka kembali,” pungkas Suwoto.

Festival belimbing sudah menjadi agenda rutin peringatan HJB. Kegiatan ini selalu menyedot perhatian pengunjung dari dalam dan luar Bojonegoro. Rencananya, festival ini akan dihadiri Bupati Bojonegoro, Suyoto, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), dan pejabat provinsi Jawa Timur.

“Ini sekaligu untuk semakin mengenalkan agrowisata ini agar kepada masyarakat luas,” sambung Kepala Desa Ngringinrejo, Rifa’i.

Sebagaimana diketahui, kebun belimbing Ngringinrejo ini menjadi salahsatu destinasi wisata Bojonegoro. Di tempat ini pengunjung dapat memetik sendiri belimbing dikebun dan menikmat kuliner khas seperti rujak belimbing.(dwi/mcb)

Leave a Comment