Share

Harga Tembakau Bojonegoro Capai Rp40.000/kilogram

Bojonegoro, 15/11 (Media Center) – Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro, menyampaikan, harga tembakau saat ini mencapai Rp40.000/kilogram dari petani kepada perusahaan rokok.

Kepala Dishutbun Bojonegoro Nuzulul Hudaya, mengatakan, harga tertinggi itu hanya sekitar 25 persen dari 1.200 hektare luas tanaman tembakau rajangan Amil di sejumlah kecamatan dari hasil kemitraan petani dengan PT Sadana Arif Nusa Ngawi.

“Harga tembakau rajangan Amil lainnya, menurut dia, secara umum rata-rata berkisar Rp21 ribu-Rp34 ribu per kilogram,” imbuhnya.

Sekarang ini, luas areal tanaman tembakau di daerahnya pada musim tanam tahun ini mencapai 4.035,7 hektare yang tersebar di 20 kecamatan diantaranya Kecamatan Sugihwaras, Kedungadem, dan Ngasem.

Melihat harga tembakau yang bagus tersebut, pihaknya menghimbau pabrikan yang melakukan pembelian tembakau di daerahnya melakukan kemitraan dengan petani untuk menjaga harga dan kualitas tembakau.

“Kita mendukung pola kemitraan dengan menyediakan benih tembakau bersertifikasi untuk dibagikan kepada petani secara gratis,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment