Share

Hari Pertama UN SMP di Bojonegoro, Ditemukan Sejumlah Masalah

Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat mulai dilaksanakan 5 Mei 2014. Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur hari pertama UN tingkat SMP ini diwarnai berbagai kendala, termasuk kekeliruan dalam naskah soal UN.

Bojonegoro (Media Center) – Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat mulai dilaksanakan 5 Mei 2014. Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur hari pertama UN tingkat SMP ini diwarnai berbagai kendala, termasuk kekeliruan dalam naskah soal UN.

Temuan itu terjadi Hal di SMP Negeri 1 Bojonegoro. Dalam naskah soal terdapat salah cetak, hal itu membuat pelaksanaan UN di SMPN 1 Bojonegoro tertunda 30 menit. Tak hanya di SMPN 1 Bojonegoro, kesalahan cetak ini juga dialami beberapa sekolah lainnya.

Salah satu pelajar di SMPN 2 Bojonegoro mengaku bahwa ada revisi soal saat pengerjaan UN. Meski demikian, ia mengaku tak ada kendala berarti dalam pengerjaan UN hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia ini.

“Tadi ada revisi, tapi alhamdulillah semua lancar,” ujar siswa yang enggan menyebut namanya ini.

Selain kendala akibat salah cetak naskah soal UN ini, beberapa siswa yang tercatat menjadi peserta UN SMP terdapat jumlah tambahan yang mengundurkan diri dari UN. Salah satunya di SMP PGRI Bojonegoro. Karena telah terdata di Daftar Nominasi Tetap (DNT) UN, pihak sekolah meminta orang tua untuk menulis surat pernyataan mundur dari UN yang bermaterai.

Sebelumnya, pihak sekolah sudah melakukan pendekatan kepada siswa maupun keluarga agar tetap mengikuti UN atau nanti dapat mengikuti ujian paket B. (*/lyamcb)

Leave a Comment