Share

Hasil Lab Air Bengawan Solo di Bojonegoro Layak Konsumsi

Bojonegoro (Media Center) – Air BEngawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur masih layak untuk dikonsumsi karena masih sesuai baku mutu yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur Jatim. Hal ini terungkap setelah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro melakukan uji laboratorium baku mutu air dan udara secara setiap tiga bulan sekali.

“Berdasakan uji laboratorium air di Bojonegoro masih aman dari pencemaran dan layak untuk dikonsumsi,” ungkap Kepala Bidang Pengkajian dan Laboratorium BLH Bojonegoro, Hary Susanto, Senin (12/10).

Dijelaskan, uji kelayakan air yang dilakukan oleh BLH Bojonegoro tersebut bekerja sama dengan UPT Laboratorium Lingkungan BLH Mojokerto.

“Kami melakukan uji lab setiap tiga bulan sekali dan pengambilan sampel dilakukan bulan lalu, sehingga hasilnya bisa diketahui bulan ini,” katanya.

Hary menambahkan, saat melakukan uji kelayakan air, sampel diambil dari tiga titik di Bengawan Solo, yaitu Jembatan Padangan, Bendung Gerak dan Jembatan Glendeng.

Sementara itu untuk melakukan uji lab kelayakan udara Bojonegoro, lanjut dia, BLH mengambil sampel udara dari daerah yang padat penduduk dan padat kendaraan yang melintas. Yakni kawasan Terminal Rajekwesi, Bundaran Adipura dan pemukiman di area Jalan Gajah Mada.

“Hasilnya, rata-rata 33,9 derajad celcius – 36,8 derajat celcius. Sehingga masih aman karena sesuai baku mutu yang telah ditetapkan,” imbuhnya.(*mcb)

Leave a Comment