Share

Hatta Rajasa Akan Tinjau Industri Walet Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa akan meninjau industri pengolahan sarang burung walet di Bojonegoro, Jawa Timur, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di daerah setempat, Senin (6/1/2014).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, Minggu, mengatakan, Menko Perekonomian Hatta Rajasa akan tiba di Bojonegoro, setelah melakukan kunjungan kerjanya di Solo, Jateng, Minggu malam.

“Senin pagi akan meninjau pengolahan industri sarang burung Walet di Bojonegoro,” katanya.

Ia mengaku belum tahu pasti produksi industri sarang burung walet yang akan ditinjau yang lokasinya di Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Kota itu.

Namun, katanya, industri sarang burung walet yang yang memiliki pekerja cukup banyak itu mampu menampung produksi sarang burung walet dari lokal Bojonegoro, Tuban, juga daerah untuk di ekspor ke berbagai negara.

Lebih lanjut ia menjelaskan kunjungan kerja Menko Perekonomian Hatta Rajasa ke Bojonegoro tersebut dalamrangkaian meresmikan “Cyber Extension” (Cybex) di daerahnya yang dipusatkan di Desa Duwel, Kecamatan Kedungadem.

“Sejauh ini persiapan acara peresmian sudah matang,” tukasnya.

Bupati Bojonegoro, Suyoto, sebelumnya, menjelaskan pengembangan program “Cybex” tersebut merupakan usaha menunjang pengembangan potensi pangan di daerahnya sebagai lumbung pangan nasiobnal.

Dengan adanya “cybex”, menurut dia, para petani akan mampu berkomunikasi langsung dengan pakar pertanian melalui jaringan internet atau pesan singkat telepon selular dengan pakar pertanian di IPB.

“Para petani di Bojonegoro terutama di daerah lumbung pangan mampu memecahkan masalah pertanian dengan pakar pertanian di IPB, sehingga produksinya bisa terjaga dan efisien,” katanya, menegaskan.

Ia menambahkan pengembangan potensi pangan di daerahnya, mulai bawang merah yang sentranya di Desa Duwel, Kecamatan Kedungadem, juga belimbing, jamu merah, juga yang lainnya selain dilakukan bekerja sama dengan IPB juga dengan PT Telkom.

“PT Telkom yang membangun jaringan teknologi informasi (TI) di Bojonegoro,” jelasnya

Doc Foto : asatunews.com

Leave a Comment