Share

Hatta Rajasa Kagumi Budaya Masyarakat Samin di Bojonegoro

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Rajasa, mengaku kagum saat mengunjungi kampung Samin di Dusun Jipang, Desa Margulomulyo, Kecamatan Margumulyo, Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Rajasa, mengaku kagum saat mengunjungi kampung Samin di Dusun Jipang, Desa Margulomulyo, Kecamatan Margumulyo, Kabupaten Bojonegoro.

Menurut Hatta, masyarakat Bojonegoro memiliki sikap yang tangguh. Hal itu ditunjukkan oleh masyarakat Samin dalam memperlajari arti sebuah kejujuran, kemandirian, dan kegotongroyongan. Selain itu saling menjaga keharmonisan, tidak ada pencurian, saling percaya dan bekerja sama.

“Saya mengagumi itu. Masyarakat seperti inilah yang ingin sedang kita bangun untuk membangun bangsa ini,” kata Hatta Rajasa usai bertemu Mbah Harjo Kardi sesepuh masyarakat Samin di Dusun Jipang bersama Bupati Bojonegoro, Suyoto, Selasa (11/2/2014).

Bahkan karena saking kagumnya, Hatta sempat menulis kalimat, memaknai arti kesederhanaan, kejujuran, kemandirian,  dan keberanian yang merupakan karakter dari masyarakat samin yang ditunjukkan Mbah Harjo.

“Itu sebuah tempat kita berkaca, akan makna sebuah kehidupan. Ini pelajaran luar biasa dalam membentuk sebuah karakter dan budaya,” tegas Hatta kembali.

Ditempat yang sama Bupati Bojonegoro, Drs H Suyoto MSi menegaskan, jika ingin belajar membangun bangsa, negara, dan budaya, karakter tersebut ada di Masyarakat Samin. Karena itu ketika semua berada di tengah-tengah hiruk pikuk politik, diperlukan kekuatan budaya.

“Karena Capres, Wapres dan politik memerlukan kekuatan budaya,” tandas Kang Yoto. Dalam kesempatan itu, Hatta Rajasa didampingi Bupati Suyoto melihat kerajinan akar jati dan souvenir dari limbah jati di Desa Mayanggeneng, Kecamatan Margomulyo.

Bahkan besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sempat membeli beberapa kerajian hasil perajin. Setelah itu, Hatta Rajasa singgah di rumah keluarga pembantunya di desa setempat dan melanjutkan perjalannnya melihat perkembangan proyek migas Blok Cepu. (Numcb)

Leave a Comment