Share

Himbauan Depkes Saat musim Hujan

. Beberapa penyakit yang biasa muncul pada masa ini diantaranya adalag Diare, Demam Berdarah Dengue (DBD)

Bojonegoro (Media Center) – Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingering (P2PL) Kemenkes Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, menghimbau masyarakat agar tetap sehat dengan senantiasa menjaga Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), antara lain dengan makan/minum yang baik dan bersih (selalu makanan yang sudah dimasak), jangan jajan sembarangan, istirahat yang cukup, tetap upayakan kebersihan diri dan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, senantiasa melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Musim hujan khususnya dengan intensitas yang tinggi dapat berdampak pada kesehatan. Beberapa penyakit yang biasa muncul pada masa ini diantaranya adalag Diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), Leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut, penyakit kulit, Penyakit saluran cerna lain, dan Perburukan penyakit kronik yang mungkin memang sudah diderita.

Prof. Tjandra Yoga menyebutkan lima titik kritis CTPS, yaitu sebelum makan, sebelum mengolah makanan, Setelah BAB, setelah menceboki anak, dan setelah memegang lingkungan yang kotor dan hewan. (ril/ramcb)

Leave a Comment