Share

Hingga Februari 2019, Terdapat 281 Kasus DBD di Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mencatat selama periode bulan Januari sampai dengan akhir Februari 2019 terdapat 281 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Dari jumlah tersebut, lima diantaranya meninggal dunia,” kata Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Bojonegoro, Whenny Dyah P , kemarin (4/3/2019) kepada KanalBojonegoro.

Wanita berhijab ini merinci, pada bulan Januari ada 223 kasus 4 diantaranya meninggal dunia, sedangkan pada bulan Februari terdapat 58 kasus, 1 diantaranya meninggal dunia.

Jumlah kasus DBD yang mencapai dua ratusan lebih tersebut membuat Dinkes terus melakukan pencegahan bersama masyarakat dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M plus.

Dijelaskan 3 M plus yang dimaksud adalah menguras atau membersihkan penampungan air minum, drum dan bak-bak air lainnya. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat penampungan air, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk dan menaburkan bio larvasida atau obat cair anti nyamuk di penampungan air.

“Lebih baik mencegah baik di dalam rumah dan lingkungan rumah serta sekolah dan fasilitas lainnya,” pungkasnya.(Rin/Dwi)

Leave a Comment