Share

IDFoz Dirikan Bank Sampah Di Desa Ring 1 Blok Cepu

Bojonegoro (Media Center) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) IDFoz bekerjasama dengan operator Lapangan Banyuuurip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) terus meningkatkan progran aktivitas pilah sampah rumah tangga di Dusun Sumurpandan, Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Direktur Utama IDFoz, M Taufik, mengatakan, pada kegiatan kali ini, masyarakat setempat diajak untuk melakukan penimbangan sampah dari limbah rumah tangga.

“Sebelumnya, kami sudah memberi arahan dengan mensosialisasikan pilah sampah untuk kemudian dikumpulkan,” imbuhnya, Kamis (17/3).

Penimbangan sampah pada minggu lalu di dua RT menghasilkan lebih dari 150 kilogram sampah non organik siap jual. Rata-rata jenis sampah yang disetor warga adalah botol dan gelas plastik bekas air mineral.

Puji Astuti, warga RT 19, mengatakan bahwa sebelum adanya program ini dia memperlakukan sampah dengan cara dibakar. Bahkan tidak tahu jika sampah yang biasa mereka bakar itu ternyata juga bernilai.

“Menurut saya bukan nilai uangnya, melainkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan akan meningkat,” tukasnya.

Hasil jual sampah tersebut tentunya menjadi hak warga sepenuhnya. Beberapa warga menyatakan keinginan hasil jual sampah tersebut dapat dikelola pengurus menjadi tabungan berbasis sampah atau menjadi bank sampah.

“Uangnya diserahkan kepada pengurus yang sudah dibentuk sebelumnya, kemudian dikelola,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment