Share

IKM Mart Tampung Produk Industri Kecil Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Sekitar 200 industri kecil menengah (IKM) di Bojonegoro terus berusaha mendekatkan produknya ke konsumen. Hasil produksi mereka salah satunya ditampung dan dipasarkan di IKM Mart Bojonegoro. Berbagai produk dari pelaku industri kecil ini siap bersaing dengan produk-produk lainnya.

Ketua Forum IKM Jatim cabang Bojonegoro Yuli Fitriana menuturkan, IKM Mart memang dibikin untuk menampung produk-produk dari pelaku industri kecil di Bojonegoro. “Kita fasilitasi para IKM punya produk apa, kita bantu pasarkan. Kita juga mendampingi apa yang kurang, kita faslitasi,” terangnya Rabu (11/3/2020).

Selama ini, kata dia, forum IKM terus berusaha untuk membantu pemasaran. Salah satu yang sudah dilakukan adalah kerjasama dengan toko oleh-oleh di Malang. Karena memang fokus dari forum ini adalah bagaimana produk pelaku IKM bisa tembus pasar nasional dan internasional. “Contohnya adalah salak yang pernah dikenalkan saat acara di Singapura,” terangnya.

Beberapa langkah yang dilakukan saat ini diantaranya mendampingi pelaku IKM untuk urusan kemasan, perizinan dan juga permodalan. Pihaknya juga terus memperluas jaringan dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Yuli juga menambahkan, masyarakat sering keliru memahami antara UKM dan IKM. Menurut dia, UKM adalah usaha yang itu bisa hanya penjualan dengan cara kulakan. Tapi kalau IKM itu pasti produksi sendiri dari awal. “Jadi kalau IKM itu mengetahui dari bahan dasar hingga kemasan dan penjualannya. Itu yang kami dampingi,” terangnya. (nn)

Leave a Comment