Share

Imlek di Bojonegoro Dimeriahkan Kesenian Barongsai

Bojonegoro (Media Center) – Perayaan Hari Raya Imlek 2016 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan dimeraihkan kesenian Barongsai dan Liong yang digelar Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Keleteng Hok Swie Bio, pada 7-8 Februari.

Ketua Kesenian Barongsai dan Liong Kelenteng Hok Swie Bio di Bojonegoro Humpa, Sabtu (6/2), mengatakan, kesenian Barongsai dan Liong dengan 25 personel, akan tampil selama dua hari untuk merayakan Hari Raya Imlek.

Penampilan di hari pertama, katanya, setelah pelaksanaan sembahyang menyambut Hari Raya Imlek, Minggu (7/2) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Penampilan di hari pertama hanya di halaman kelenteng, tapi masyarakat umum bisa melihat,” jelas dia, ketika melatih Barongsai dan Liong di kelenteng setempat.

Penampilan kedua, lanjut dia, dilaksanakan keesokkan harinya, dengan berkeliling kota sejauh 5 kilometer.

“Rute pertunjukan Barongsai dan Liong sejauh 5 kilometer hanya di seputaran kota,” katanya, menegaskan.

Menghadapi penampilan dalam merayakan Hari Raya Imlek itu, ia mengatakan personel kesenian Barongsai dan Liong berlatih selama 10 kali.

“Dengan latihan 10 kali saya kira cukup,” katanya, menegaskan.

Seorang petugas TITD Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Endang Yulianawati, menjelaskan sembahyang Hari Raya Imlek akan dilaksanakan, Minggu (7/2) sekitar pukul 15.00 WIB.”Malam harinya pukul 24.00 WIB juga kembali digelar sembayang Hari Raya Imlek,” jelas dia.

Dalam dua kali sembahyang itu, lanjut dia, akan dilaksanakan secara berjamaah dengan jumlah berkisar 35-40 orang.

“Kami juga bersilahturahmi dengan jamaah kelenteng dengan saling maaf-memaafkan. Ya, seperti orang Islam ketika pada Hari Raya Idul Fitri,” jelas dia, dibenarkan petugas kelenteng lainnya Sugiarto. (*/mcb)

Leave a Comment