Share

IPB “Warning” Serangan Wereng Bisa Meledak

Bojonegoro (Media Center) – Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan “warning” atau peringatan mengenai ancaman serangan hama wereng yang bisa meledak di sejumlah daerah di Pulau Jawa pada musim tanam 2014.

“Ancaman serangan hama wereng akan meningkat pada 2014 karena faktor iklim juga didukung kondisi sebelumnya di sejumlah daerah sudah terjadi serangan hama wereng terhadap tanaman padi,” kata Ketua Klinik Tanaman Departemen Proteksi IPB DR. Suryo Wiyono, di sela-sela diskusi rencana kerja sama Pemkab Bojonegoro dengan IPB di bidang pertanian di Bogor, Jumat.

Ia menyampaikan mengenai ancaman serangan hama wereng berdasarkan survei yang dilakukan Tim IPB di 20 kabupaten di Pulau Jawa, di antaranya di Jatim delapan kabupaten termasuk Bojonegoro pada Oktober sampai Desember lalu.

Menghadapi ancaman serangan hama wereng itu, menurut dia, seluruh pemkab di Pulau Jawa juga dinas intansi terkait harus melakukan antisipasi sejak dini agar serangan hama wereng tidak semakin berkembang.

Ia menegaskan langkah yang perlu dilakukan, di antaranya, para petani mengembalikan jerami ke sawahnya sebagai usaha menciptakan predator wereng.”Kalau jerami dikembalikan ke sawah predator wereng akan melimpah,” katanya, menegaskan.

Selain itu, lanjutnya, para petani tidak memanfaatkan pestisida, sebab pemanfaatan pestisida pada tanaman padi akan memicu pertumbuhan hama wereng.

Lainnya, katanya, para petani tidak membiarkan sawahnya selalu tergenang air, sebab terjadinya genangan air di sawah juga akan mempercepat pertumbuhan hama wereng.”Pertumbuhan hama wereng akan meningkat tajam kalau kondisi sawah lembab,” tandasnya.

Di lain pihak, jelasnya, IPB saat ini juga sedang mengembangkan jenis tanaman padi yang tahan banjir dan kemarau yang sangat cocok ditanam di Bojonegoro. (samcb)

Leave a Comment