Share

Isi Liburan, Pelajar Bersihkan Makam

Belasan anak usia Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tampak membersihkan arena pemakaman Buyut Dalem, Kadipaten, Bojonegoro. Anak-anak ini tak tampak takut sedikitpun saat menyapu daun yang berserakan di antara makam ini.

Bojonegoro (Media Center) – Belasan anak usia Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tampak membersihkan arena pemakaman Buyut Dalem, Kadipaten, Bojonegoro. Anak-anak ini tak tampak takut sedikitpun saat menyapu daun yang berserakan di antara makam ini.

Sutiyono, juru kunci pemakaman Buyut Dalem ini mengaku, saat menjelang ramadhan seperti ini banyak peziarah yang datang. Karena bertepatan dengan libur sekolah, para anak di sekitar Kadipaten dan Karangpacar ini memanfaatkan waktu liburanyya untuk membersihkan makam. Setelah membersihkan makam, para peziarah biasanya memberikan sedikit uang sebagai imbalan kepada anak-anak ini.

“Karena anak-anak ini menyapu beramai-ramai, pemakaman bisa tampak bersih,” ujarnya.

Salah satunya Dika, pelajar SDN Kadipaten I ini mengaku selalu ikut menyapu pemakaman saat menjelang lebaran. Namun karena jelang puasa ini bersamaan dengan libur kenaikan kelas, ia bersama teman-temannya memilih mengisi liburan sambil mengumpulkan uang dnegan memebersihkan makam. Ia mengaku bisa mengumpulkan Rp10.000,- hingga Rp20.000,- setiap harinya.

“Uangnya dikumpulkan untuk jajan dan ditabung,” ujar pelajar kelas IV SD ini.

Leave a Comment