Share

IUP Untuk J-TB dan Pupuk Kujang Diproses

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menerima enam pengajuan Izin Usaha Pertambangan (IUP) batu dan mineral dari pengusaha lokal.

Kasi Sumber Daya Mineral ESDM, Dedy Karuniawan, menyampaikan, pengajuan izin tersebut untuk kegiatan galian c dan penambangan batu dan pasir di beberapa wilayah.

“Pengajuannya ada di beberapa wilayah diantaranya Kecamatan Gondang, Padangan, Kasiman, dan Baureno,” ujarnya.

Pengajuan ijin tersebut untuk persiapan jelang mega proyek di Bojonegoro yakni pengembangan lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru dan pembangunan pabrik pupuk PT Pupuk Kujang pada 2016 ini.

“Saat ini enam pengajuan ijin itu masih dalam pembahasan wilayah usaha pertambangan oleh Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur,” tukasnya.

Setelah pembahasan selesai, semua berkas persyaratan diserahkan kepada Bupati Bojonegoro dan dikaji bersama dinas terkait seperti Badan Perizinan, Dinas ESDM, dan Badan Lingkungan Hidup (BLH).

“Usai pengkajian diserahkan kembali ke Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur untuk meninjau lokasi,” jelasnya.

Jika lokasi yang dimaksud sudah sesuai dengan berkas-berkas pengajuan maka Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur akan menerbitkan IUP.

“Dalam hal ini kami hanya sebatas mengawasi saja. Semua wewenang atas pertambangan batu dan mineral ada di pemerintah dan provinsi,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment