Share

Jadi Juri Lomba Sego Buwuhan, Chef Juna Puji Kuliner Khas Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Junior Rorimpandey atau dikenal dengan sebutan Chef Juna mengapresiasi Sego Buwuhan, kuliner khas Bojonegoro, Jawa Timur. Sego Buwuhan memiliki rasa dan menu tersendiri dibanding kuliner lainnya.

Komentar itu disampaikan Chef Juna saat menjadi juri lomba Sego Buwuhan dalam rangkaian festival Tari Thengul dan Sego Buwuhan bertajuk ”International Folklore Festival” yang digelar Lapangan Trucuk, selatan Jembatan di atas Sungai Bengawan Solo yang menghubunhkan Bojonegoro – Trucuk, Minggu (14/7/2019).

Juri di MasterChef Indonesia yang ditayangkan satu televisi swasta ini memberikan sejumlah masukan terhadap Sego Buwuhan Bojonegoro. Diantaranya potongan-potongan masakan yang menjadi menu Sego Buwuhan seperti momoh tempe. Mulai dari komposisinya. Meskipun hidangan tradisional tapi semua aspek tepat. Sehingga lebih menggiurkan dan pas pada saat dikunyah karena komposisi memegang peranan.

“Meskipun ini masakan tradisional, tapi harus kita tingkatkan dengan penampilannya. Penampilan yang menggiurkan,” pesannya.

Lomba Sego Buwuhan yang diikuti 28 kecamatan Bojonegoro ini juga melibatkan juri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan.

Menurut perwakilan Dinas Ketahanan Pangan, Sujito, dari pemakaian bahan lokal sudah memenuhi syarat. Semua sudah menggunakan bahan-bahan di pekarangan sekitar yang mudah di dapat.

“Kandungan gizi baik vitamin maupun mineral cukup layak menjadi perayaratan makanan yang baik atau keberagamnnya memenuhi syarat,” ujarnya.

Ahli gizi dari dinas kesehatan menyampaikan, semua sudah bagus. Namun yang perlu ditingkatkan adalah variasi komponen protein hewaninya. Tidak hanya dagin, tapi olahan ikah bisa ditambahkan di menu sego buwuhan

Sehingga sego buwuhan tidak identik dengan daging. Bisa diganti dengan protein hewani dari olahan ikan lainnya,” pungkasnya.

Dalam lomba ini, juara harapan I Kecamatan Bojonegoro, juara harapan I dengan total poin 318 diraih peserta no 28 dari kecamatan trucuk; juara III dengan total poin 320 diraih nomer 19 dari kecamatan kedungadem; juara ke II dengan totak poin 325 diraih nomor urut 1 dari kecamatan balen; juara I dengan total nilai 330 jatuh pada nomor undian 21 dari Kecamatan Purwosari.

Hadiah bagi pemenang juara di serahkan Bupati Anna Muawanah didampingi Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten, Pj Sekda Yayan Rohman, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Amir syahid.(Dwi/NN)

Leave a Comment