Share

Jatim Tunjuk Bojonegoro Jadi Percontohan PATEN

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menunjuk Kabupaten Bojonegoro sebagai pilot project atau proyek percontohan untuk Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) karena dalam pelaksanaan PATEN di daerah setempat bisa berjalan dengan baik.

Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro Supi Hariyono, menyampaikan, ada sepuluh kecamatan yang terpilih untuk penerapan PATEN yakni Kecamatan Bojonegoro, Kedungadem, Kalitidu, Padangan, Ngasem, Kanor, Baureno, Dander, Gayam dan Margomulyo.

“PATEN diharapkan bisa meningkatkan komitmen petugasnya,” lanjut Supi, Senin (5/10).

Didalam PATEN tersebut meliputi berbagai pelayanan administrasi antara lain pelayanan kartu tanda penduduk dan berbagai proses perizinan.

Selain itu, untuk mengoptimalkan peran kecamatan dalam upaya meningkatkan pelayanan agar semakin cepat, mudah, terjangkau dan profesional. Selain itu, PATEN mampu memberikan pemahaman kepada semua pihak dalam rangka meningkatan tupoksinya masing-masing.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Suyoto, menyampaikan akan menerima mandat ini dengan sepenuh hati dengan menyiapkan tekad untuk menjadi yang terbaik.

Bupati menegaskan, untuk mengajak semua staf, kepala desa, dan pemerintah desa untuk menjadi yang terbaik diantara sepuluh kecamatan yang menjadi pilot project PATEN. Selanjutnya adalah merumuskan langkah leadership maupun manajerial yang akan digunakan.

Hal ini bisa dilakukan dengan menyiapkan langkah seperti memahami betul apa misi, apa yang diinginkan pemerintah dan masyarakat.

“Jangan sampai kita kehilangan peta dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai aparatur pemerintah,” tandasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment