Share

Jelang Launching Cybex (2): Datangkan Perangkat Yang Digunakan Acara Presiden


Bojonegoro (Media Center) – Selain menentukan lokasi peluncuran Bojonegoro Cyber Extension (Cybex), sejumlah persiapan lain juga mulai dilakukan, termasuk pengamanan jaringan telekomunikasi di titik titik peluncurannya.

“Nanti ada tele conference antara petani dengan IPB,” jelas Kusnandaka Tjatur, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro. Untuk kebutuhan itulah, pihaknya telah bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) guna memenuhi kebutuhan arus bandwith yang memadai.

“Untuk tele conference, dibutuhkan bandwith yang lumayan, sementara di dua titik lokasi saya justru merasa tertantang untuk menyediakan kebutuhan tersebut,” tambahnya. Dalam hal ini, telah disiapkan sejumlah skenario.

“Kami siap untuk memenuhi pelaksanaan launching tersebut,” demikian diucapkan oleh Agus Ismono, Kepala Kantor Cabang Telkom Bojonegoro, di ruang pimpinan Kepala Kantor Daerah Telkom Bojoengoro. Dari hasil survey yang dilakukan oleh PT Telkom, di sejumlah lokasi yang bakal dijadikan titik peluncuran program untuk pemanfaatan Tekhnologi Informasi (TI) guna meningkatkan produktifitasnya, masih belum terjangkau jaringan telekomunikasi yang memadai.

“Untuk di Desa Duwel dan Napis Tambakrejo, jaringan yang ada belum memadai, kita perlu mendatangkan dan memasang perangkat tambahan,” jelas Kusnandaka Tjatur. PT Telkom sendiri menyatakan siap membanjiri lokasi-lokasi tersebut dengan bandwith yang tak terbatas untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Sedangkan ke depannya, tentu daerah tersebut sudah secara permanen mempunyai jaringan yang layak,” tambahnya. Sebagai gambaran, saat peluncuran Bojonegoro Cybex tersebut, di wilayah Desa Duwel akan hadir sekitar 2.000 orang. “Yang dalam salah satu sesinya adalah tele conference dengan 3 lokasi lain, termasuk di Bogor,” jelasnya.

Pihak PT Telkom, dikabarkan bakal mendatangkan perangkat yang saat ini digunakan dalam acara yang dihadiri oleh Presiden di Kota Jombang. (ramcb)

Baca juga:
Jelang Launching Cybex (1): 3 Desa Dibantu Perangkat TI

 

Leave a Comment