Share

Jelang Launching Cybex (1): 3 Desa Dibantu Perangkat TI

Bojonegoro (Media Center) – Dukungan dari berbagai pihak, terus berdatangan, seiring program lumbung pangan dan energi negeri yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Salah satunya adalah dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom).

“Yang sudah pasti, adalah perangkat pelatihan berbasis Tekhnologi untuk 3 desa berpotensi,” jelas Ivone Andayani, Humas PT Telkom regional Indonesia Timur. Diharapkan, bantuan tersebut dapat digunakan untuk Cyber Extension (Cybex) di Bojonegoro.

3 desa yang bakal mendapat bantuan dari perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu, diantaranya adalah Desa Duwel (Kedungadem), Desa Padangan (Padangan) dan Desa Ngringinrejo (Kalitidu). “Selain untuk cybex, juga bisa dimanfaatkan untuk pelatihan TI,” tambahnya.

Desa-desa yang dipilih tersebut, merupakan desa yang menjadi unggulan lumbung pangan. Di Desa Duwel yang merupakan sentra bawang merah, nantinya akan ditempatkan di Kantor Kecamatan, sementara di Padangan, bantuan tersebut akan melengkapi rumah inovasi yang diresmikan beberapa saat lalu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kusnandaka Tjatur, menyambut gembira. “Ini sesuai dengan program Pemkab, selain untuk peningkatan hasil produksi pangan juga merupakan pelatihan berkelanjutan,” jelasnya.

Pada awal tahun 2014 ini, Pemkab Bojonegoro bakal secara resmi meluncurkan program Cybex. Cybex sendiri merupakan program kerjasama antara Pemkab Bojonegoro dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), yang berbentuk konsultasi seputar produktifitas pangan di Bojonegoro.

“Petani, peternak, petambak dapat langsung berkonsultasi dengan pakar-pakar di IPB,” tambahnya. Dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro memfasilitasi petani dan peternak dalam bentuk pelatihan penggunaan TI dan pendirian sejumlah Rumah Inovasi. (ramcb)

Leave a Comment