Share

Jelang Launching Cybex (6): Ujikan Video Call Bojonegoro-IPB

Bojonegoro (Media Center) – Uji coba video call dilakukan oleh tim Tekhnologi Informasi (TI) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, diantaranya dengan Bupati Bojonegoro, Drs H Suyoto MSi. Dalam ujicoba itu, pihak Dinkominfo Bojonegoro masih menggunakan jaringan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

“Relatif memadai, baik dari segi video maupun audionya,” jelas Joko Suhermanto, selaku Kepala Bidang Jaringan Komunikasi Dinkominfo Bojonegoro. Uji coba video call tersebut juga diikuti oleh petinggi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) dan Media Center Bojonegoro.

“Ini dimana ? Bagus ini,” kata Suyoto yang saat ujicoba berada di pendopo. Sementara itu, sebelumnya pihak Media Center Bojonegoro juga telah melakukan uji coba dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Sambungan dari Bogor dan Bojonegoro memiliki kualitas yang serupa.

Dalam melakukan ujicoba, video call tersebut menggunakan jaringan yang berbeda dan melalui fasilitas video call yang ada di Jatimprov.go.id. Rencananya, video call tersebut juga akan dilakukan oleh para tamu undangan dengan petani dan peternak yang ada di penjuru Bojonegoro.

“Nanti pak Hatta Rajasa pun akan berdialog dengan peternak di Napis Tambakrejo,” jelas Kusnandaka Tjatur, Kepala Dinkominfo Bojonegoro. Peluncuran Bojonegoro Cybex sendiri, selain di Desa Duwel Kedungadem, juga akan dilakukan di Napis Tambakrejo dan di Padangan.

Sebelumnya, para petani dan peternak di 3 desa tersebut telah mendapatkan pelatihan seputar TI, termasuk penggunaan fasilitas video call. “Ke depan, harapannya mereka dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk belajar dan berbagi,” pungkasnya. (ramcb)

Baca juga:
Jelang Launching Cybex (1): 3 Desa Dibantu Perangkat TI
Jelang Launching Cybex (2): Datangkan Perangkat Yang Digunakan Acara Presiden
Jelang Launching Cybex (3): Rekam 100GB Gambar untuk 5 Menit
Jelang Launching Cybex (4): Tim TI Berhadapan dengan Hujan Deras
Jelang Launching Cybex (5) : TI untuk Petani, yang Pertama di Indonesia

Leave a Comment