Share

Jelang Lebaran, Pemkab Bojonegoro Pantau Angkutan Sungai

Bojonegoro (Media Center) – Masih tingginya intensitas hujan di Kabupaten Bojonegoro yang berimbas terhadap tingginya debit sungai bengawan Solo menjadi perhatian Pemkab Bojonegoro di momen jelang Idul Fitri 2016. Untuk kelancaran transportasi air yang banyak terdapat di sepanjang Bengawan Solo di Bojonegoro ini, Pemkab bekerjasama dengan Polres Bojonegoro untuk mengamankan titik-titik penyeberangan.

“Kami berharap operator perahu penyeberangan berhati-hati dan jangan sampai melebihi kapasitas penumpang,” imbau Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Setyo Yuliono kepada para penambang perahu saat hadir di Ruang Angling Dharma, Pemkab Bojonegoro, Rabu (29/6).

Ia menambahkan, para penambang patut waspada dan mengutamakan keselamatan dengan memasang pelampung dan alat keselamatan lainnya yang telah diberikan oleh Dinas Perhubungan. Selain itu, Penambang dilarang memaksakan diri jika ada penumpang yang memaksa untuk naik sementara kapasitas sudah penuh. “Hal ini karena libur lebaran kali ini bertepatan dengan libur sekolah. Bisa dipastikan aktifitas penyeberangan meningkat,” lanjutnya.

Sementara itu, dari data Dinas Pehubungan Kabupaten Bojonegoro, terdapat 86 titik penyeberangan sungai Bengawan Solo di sepanjang Margomulyo hingga Baureno dengan jumlah perahu mencapai 95 unit.

Untuk memantau transportasi air ini, kegiatan yang dilakukan Dishub Bojonegoro antara lain adalah monitoring dan evaluasi setiap bulan sekali, mengadakan sosialisasi kepada para penambang perahu, pemasangan papan imbauan sudah terpasang 80 unit di titik penyebrangan.

Kabid Pehubungan Darat, Suhartono mengungkapkan akan ada pembangunan trap atau dermaga di setiap tambangan air. “Saat ini yang sudah dibangun ada sembilan pasang dermaga,” pungkasnya.(mcb)

Leave a Comment