Share

Jelang Natal dan Tahun Baru Kebutuhan Pangan Meningkat

Bojonegoro, 8/12 (Media Center) – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro, menyatakan, jelang hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, kebutuhan pangan diprediksi mengalami peningkatan.

” Menjelang hari raya natal dan tahun baru, permintaan pangan yang ada di Bojonegoro diprediksi akan mengalami peningkatan,”
Kabid Ketersediaan dan Kewaspadaan, Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Bojonegoro, Moch Rudianto

Kenaikan kebutuhan pangan tersebut tentu saja mempengaruhi harga yang ikut melambung sebesar lima persen pada H-7 Natal pada 25 Desember mendatang.

Sembilan bahan pokok yang terpantau semuanya diprediksi mengalami kenaikan. Mulai dari beras, kacang tanah, bawang merah, cabe, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula dan minyak goreng.

Seperti beras, dibulan normal kebutuhan pangan masyarakat Bojonegoro sebanyak 9,644 ton, meningkat menjadi 10,127 ton di Bulan Desember.
Sementara pola panen beras saat bulan Desember sangat kecil, sehingga wajar jika mengalami kenaikan harga.

“Jika harga beras naik pada bulan Desember wajar, karena pola panen sedikit,” jelasnya.

Meski demikian, kebutuhan pangan beras untuk masyarakat Bojonegoro ini sudah mampu terpenuhi dari hasil panen petani sendiri. Kebutuhan beras selama satu tahun sebanyak 91,4 kg perorangan pertahun.

“Sehingga kebutuhan ini mampu dipenuhi dari petani Bojonegoro saja, tanpa mendatangkan dari luar,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment