Share

Jelang Pilkades, Pemkab Bojonegoro Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa,

Bojonegoro, 5/9 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar acara peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Pendopo Malowopati, yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa ditahun 2016, Senin (5/9/2016).

Acara ini diikuti oleh 322 perserta yang terdiri camat, kasi pemerintahan, kepala desa, Pj kepala desa, sekretaris desa berserta perangkat dan BPBD di tiga puluh dua (32) Desa

Sosialisasi yang diberikan adalah Peraturan Daerah Nomer 13 Tahun 2015 tentang kepala desa terkait dengan pemilihan kepala desa.

Dari 32 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa di tahun 2016 ini, yang kosong dan sudah dijabat Pj sejumlah 25 desa, 7 diantaranya masih definitif karena akhir masa jabatannya ditahun 2017.

Kepala BPMPD, Jumari, menyampaikan, pelaksanaan pilkades akan dilakukan sesuai peraturan perundangan-undangan yakni secara serentak bergelombang.

Untuk periode sasi pelaksanaan Pilkades di Bojonegoro dilaksanakan pada tahun 2016, 2019 dan 2020. Karena setiap kabupaten dalam kurun waktu enam tahun hanya di perbolehkan melaksanakan pilkades maksimal 3 kali.

Sementara itu 25 desa yang saat dijabat Pj antara lain Desa Kauman, Kadungrejo, Lebaksari, Telogo agung Kecamatan Baureno. Desa Pengkol, Kacangan, Tanjung kecamatan Tambakrejo. Desa Dukuhkidul, Jampet di Kecamatan Ngasem, Desa Sidorejo Sukosewu, Desa Sranak Trucuk, Desa Kasiman Kecamatan Kasiman.

Desa Pandantoyo Temayang, Desa Semanding Bojonegoro. Desa Pelem Purwosari, Desa Kalangan Margomulyo, Desa Sumuragung, Pekuwon Kecamatan Sumberejo, Desa Sumbertlaseh Dander, Desa Ngraho Kecamatan Ngraho, Desa Kendung Kecamatan Padangan, Desa Wonocolo Kedewan, Desa Sukorejo Malo, Desa Geger Kedungadem, Desa Sidomukti Kepohbaru.

Sedangkan yang mengajukan definitif antara lain Pragelan Kecamatan Gondang, Desa Wedi Kapas, Desa Kemiri Malo, Desa Bakalan Tambakrejo, Desa Kabalan Kecamatan Kanor. Desa Beji Kedewan dan Desa Prayungan Sumberejo.(dwi/mcb)

Leave a Comment