Share

Jembatan Beji Bojonegoro Masih Tanggungan Kontraktor

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan “oprit” jembatan Beji di Desa Beji, Kecamatan Kedewan, yang mengalami penurunan diterjang banjir bandang dua hari lalu masih tanggungan kontraktor.

“Perbaikan “oprit” jembatan Beji masih tanggungan kontraktor,” kata Kepala Dinas PU Pemkab Bojonegoro Andi Tjandra, di lokasi jembatan Beji, Selasa (15/12).

Ia meninjau lokasi bekas banjir bandang di Desa Beji, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Soehadi Moelyono, yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Kusnanda Tjatur, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Andik Sudjarwo,

Menurut dia, banjir bandang yang tidak terjadi tidak mengakibatkan badan jembatan Beji yang panjangnya 24 meter, dengan lebar 6,6 meter, mengalami penurunan.

“Air banjir melimpas di atas jembatan kemudian mengerus “oprit” sehingga mengalami penurunan sekitar 0,50 meter,” paparnya.

Ia menjelaskan perbaikan “oprit” jembatan dilakukan dengan menguruk dengan material untuk dipadatkan.”Setelah padat kurang lebih sepekan baru di aspal,” tandasnya.

Kepada Sekda Pemkab Bojonegoro Soehadi Moelyono, Kepala Desa Beji, Kecamatan Kedewan, Hariningsih, menjelaskan banjir bandang di desanya telah merendam sebanyak 70 rumah warga, selain merusak saluran irigasi bagian kanan dan kiri sepanjang 15 meter.

“Rumah warga yang diterjang banjir bandang tidak ada yang rusak,” katanya, menegaskan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Andik Sudjarwo, menambahkan masih menunggu laporan resmi kerusakan rumah warga yang diterjang banjir bandang di desa setempat.

“Kalau sudah ada laporan warga yang menjadi korban banjir bandang segera kami salurkan sembako,” tandasnya.

Camat Kedewan Moch. Tarom, menambahkan di desa setempat menjadi langganan banjir bandang, karena kawasan hutan di daerah setempat rusak.

“Setiap tahun sejumlah desa di Kecamatan Kedewan, selalu diterjang banjir bandang,” ujarnya. (*/mcb)

Leave a Comment