Share

JK Apresiasi Mental Pemuda Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyatakan apresiasinya pada semangat para pemuda Bojonegoro yang mengikuti Apel Akbar Bela Negara di Syadion Letjen H. Sudirman, Bojonegoro, Selasa (17/5).

Dalam sambutannya, orang nomor dua di Indonesia ini mengungkapkan rasa bangganya pada Kabupaten Bojonegoro. Hal ini, lanjut dia, karena Bojonegoro tak menjadi lumbung pangan namun juga penyumbang energi untuk Indonesia, selain itu juga memiliki sederet prestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Apel kali ini adalah salah satu bentuk latihan mental bagi pemuda. Cuaca panas namun masih mengikuti apel ini bisa membentuk pemuda memiliki mental yang kuat,” ucapnya di hadapan belasan ribu peserta yang memadati stadion di Jalan Lettu Suwolo ini.

Selain itu, dengan ikrar dalam apel bela negera, semua elemen siap menjalankan tugas-tugas kenegaraan. “Bela negera tidak hanya perang, tetapi juga memperkuat bangsa ini dari hal-hal yang penting untuk kemajuan bersama. Mendahulukan mental kita, baik kejujuran, kerajinannya dan sikap-sikapnya,” lanjut pria yang akrab disapa JK ini.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Suyoto menceritakan kondisi Bojonegoro yang dulunya sebagai kabupaten endemik kemiskinan (endemic poverty) bisa menjadi kabupaten yang dikenal dengan berbagai prestasinya.

“Bojonegoro ini dulu kabupaten yang sangat miskin, perlu usaha dan kerja keras dari semua pihak untuk bisa seperti sekarang,” jelasnya.

Bupati yang akrab disapa Kang Yoto inipun mengulas beberapa permasalah yang telah dilalui oleh Kabupaten Bojonegoro hingga pernghargaan yang didapat di kancah nasional hingga Internasional yang membawa nama Bojonegoro sebagai wakil Indonesia sejajar dengan berbagai kota besar seperti Perancis dan Seoul, Korea Selatan di bidang Open Goverment.

“Bojonegoro jugamenjadi satu-satunya perwakilan Kabupaten/Kota di Indonesia yang menjadi pilot Project Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan yang digagas World Bank,” tukasnya.(mcb)

Leave a Comment