Share

Job Fair Bojonegoro Akan Serap 12 Ribu Tenaga Kerja

Bojonegoro, 14/11 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) menggelar Job Fair atau pameran bursa kerja di Gedung Islamic Center Bojonegoro, Rabu dan Kamis (14-15/11). Dalam kegiatan ini, sedikitnya ada sekitar 12 ribu lowongan pekerjaan yang bisa dipilih oleh calon tenaga kerja.

Dalam sambutannya, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Yayan Rohman menyampaikan, bahwa angka pengangguran di Bojonegoro saat ini berada pada kisaran 3,8 persen dari total seluruh penduduk Bojonegoro.

“Diharapkan, dengan adanya Job Fair ini bisa mengurangi angka pengangguran di Bojonegoro,” jelasnya usai meninjau stand peserta Job Fair.

Sementara itu, Kepala Disperinaker Bojonegoro, Agus Supriyanto mengatakan, dalam kegiatan ini ada 45 perusahaan dan lembaga kursus yang menawarkan lapangan pekerjaan dalam Job Fair. Hal ini tentu dimanfaatkan oleh calon tenaga kerja serta para siswa SMA/SMK sederajat untuk menggali informasi terkait lapangan pekerjaan yang nantinya akan dicari.

Ia menyebutkan, setiap tahun tentu ada kenaikan angka pengangguran di Bojonegoro karena adanya kelulusan siswa. Namun, selang beberapa waktu, jumlah ini menurun karena terserapnya tenaga kerja baik di perusahaan lokal, daerah maupun nasional.

“Tahun ini angka pengangguran di Bojonegoro sekitar 24 ribu orang. Tiap tahun ada kenaikan saat kelulusan SMA/SMK, namun selang beberapa bulan pasti menurun,” jelasnya pada kanalbojonegoro.com.(*lya/mcb)

 

 

Leave a Comment