Share

JOB PPEJ Target Tambah Produksi 5.000 Barel

Bojonegoro (Media Center) – Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) mentargetkan menambah produksi sebesar 5.000 barel/hari di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dengan mengembangkan lapangan Sukowati PAD C-1 di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk.

“Kami akan mulai melakukan pengeboran awal 2016 di Lapangan Sukowati C-1,” kata Field Manager JOB PPEJ Junizar Dipodiwirjo, Selasa (8/9).

Ia menjelaskan, JOB PPEJ telah memperoleh tanah untuk lokasi Lap[angan Sukowati PAD C-1 seluas 4,8 hektare yang saat ini dimiliki oleh 21 warga Desa Banjarsari.

“Tahap awal kami akan lakukan pengeboran satu sumur di Lapangan Sukowati C-1,” ucapnya.

Ia yakin, pengeboran yang dilakukan di sumur Sukowati C-1 mampu menemukan cadangan minyak sebab, lokasi yang akan dibor berdekatan dengan sumur Sukowati 28 PAD B dengan hasil yang bagus. Lokasi sumur Sukowati 28 itu ada di pinggiran struktur Sukowati PAD C-1.

“Karena itu kami yakin PAD C-1 ini hasilnya juga akan bagus,” katanya.

Ditambahkan, tiap tahun produksi lapangan Sukowati mengalami penurunan alamiah sekitar 40%. Kini produksinya tinggal 16.500 barel per hari. Karena itu  harus menemukan cadangan baru agar produksi bisa kembali ditingkatkan.

“Total cadangan minyak di Sukowati diperkirakan 200 juta barel. Yang sudah diproduksi sekitar 108 juta barel,” katanya.

Dalam izin yang kini sedang diproses, produksi maksimal di sumur Sukowati PAD C-1 akan mencapai 5.000 barel per hari. Jika ternyata produksinya melebihi, akan diajukan izin baru, termasuk AMDAL yang lebih lengkap sebelum dieksploitasi lebib besar.(*mcb)

Leave a Comment