Share

Jumlah Penderita HIV-AIDS Meningkat Tiap Tahun

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mencatat, kasus HIV (Human Immunodeficiency Virus) AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) terus bertambah.

Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Wenny Diah, mengatakan, jumlah penderita dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Yakni pada tahun 2011 sebanyak 64 kasus, tahun 2012 sebanyak 85 kasus, tahun 2013 sebanyak 126 kasus dan tahun 2014 sebanyak 132 kasus.

Pihaknya menyampaikan, untuk penyebaran tertinggi HIV AIDS pada tahun 2014 ada di beberapa kecamatan. Antara lain Kecamatan Kalitidu, Dander, Balen, dan Bojonegoro.

“Untuk kecamatan lainnya hanya sekitar 6 persen saja,” imbuhnya.

Wanita berparas cantik ini mengungkapkan, dari jenis pekerjaan, penderita HIV-AIDS merupakan wiraswasta 51 orang, Ibu Rumah Tangga 21 orang, PSK 11 orang, buruh kasar 27 orang, karyawan 2 orang, sopir 4 orang, PNS 1 orang, serta tidak diketahui identitasnya sebanyak 15 orang.

“Total penderita sebanyak 132 orang,” tandasnya.

Pihaknya mengungkapkan, saat ini sebagian besar masyarakat masih menganggap apabila penularan virus HIV-AIDS disebabkan oleh beberapa aktivitas sehari-hari yang dilakukannya bersama Orang dengan HIV-AIDS (ODHA).

“Padahal virus tersebut hanya akan tertular melalui cairan seperti sperma, darah, dan air susu ibu,” tukasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment