Share

Kalitidu Bojonegoro, Kembangkan Kawasan Sentra Belimbing dan Jambu Merah

Salah satu ciri khas wilayah Bojonegoro Jawa Timur adalah adanya jalur Kereta Api (KA) yang membagi wilayah selatan dengan utara. Hal itu diakui membawa dampak terhadap kehidupan petani di Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Salah satu ciri khas wilayah Bojonegoro Jawa Timur adalah adanya jalur Kereta Api (KA) yang membagi wilayah selatan dengan utara. Hal itu diakui membawa dampak terhadap kehidupan petani di Bojonegoro.

“Terlihat, wilayah utara rel KA lebih baik pertumbuhan ekonominya bagi petani,” aku Ir Rendra, Camat Kalitidu, Bojonegoro. Melihat kenyataan itu, Rendra mengaku sedang menyiapkan program khusus untuk perkembangan ekonomi di wilayah selatan rel KA.

“Salah satunya adalah pengembangan budi daya jambu merah,” paparnya. Menurut Rendra, mulai tahun 2015 mendatang, akan di kembangkan kawasan agro untuk tanaman jambu merah seluas 50 Hektar (ha).

“Prioritasnya untuk desa-desa di wilayah selatan rel kereta api yakni di Ngujo, Pumpungan, Mayanggeneng, Leran, Wotanare, Kalitidu, Ngrebekan, dan Sumengko,” jelasnya.

Tak hanya kawasan perkebunan, Rendra juga mengungkapkan rencana pendirian pabrik jus di kawasan sentra jambu merah yang akan disiapkan tersebut. Sementara itu, untuk pengembangan potensi yang ada di utara, selain dibidang pertanian juga akan dikembangkan sentra-sentra tanaman holtikultura, termasuk tanaman belimbing yang sudah menjadi icon kawasan tersebut.

“Harapannya, desa-desa yang terletak disekitar jalur kereta api dapat dijadikkan sentra agroholtikultura, termasuk belimbing,” tambahnya. (*/dejkmcb)

Leave a Comment