Share

Kampanyekan Lingkungan, Sang Sutradara ‘Ciptakan’ Dongeng di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Sutradara Garin Nugroho yang datang ke Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Minggu (29/12/2013) bersama Tim Pelangi mendongeng soal alam dan migas di Kahyangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem.

“Tapi mendongengnya tanpa naskah. Ya alamiah saja, setelah melihat situasi alam pedesaan dan daerah migas di Bojonegoro,” kata salah satu anggota Tim Pelanggi Jakarta Nia Fatimah, di Bojonegoro.

Selain itu, kata Nia yang didampingi saudara kembarnya Ina Fatimah, porsonel yang tergabung dalam Tim Pelanggi juga akan menyuguhkan musik tentang alam di Kahyangan Api dan lokasi tambang minyak tua peninggalan Belanda di Kecamatan Kedewan.

“Tim Pelanggi jumlahnya 15 personel, selain Garin Nugroho dan Cornelia Agatha, juga pemusik,” katanya. Mengenai mendongeng tanpa teks dibenarkan Garin Nugroho, yang ditemui secara terpisah. Ia menyatakan kisah yang akan disampaikan akan menyingung tentang alam dan migas.

“Soal target Tim Pelanggi bukan mengarah untuk mencari ispirasi membuat film. Tapi mengkampanyekan perlunya melestarikan alam dan pemanfaatan potensi migas di Indonesia secara benar,” tandasnya.

Meski demikian, ia mengaku tertarik untuk mengangkat film tentang desa penghasil migas di Indonesia. Di Bojonegoro, selain mengunjungi lokasi kebun belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Tim Pelangi itu kemudian melanjutkan perjalanan ke penambangan minyak mentah di Kecamatan Kedewan dan obyek wisata Kahyangan Api. (samcb)

Leave a Comment