Share

Karang Taruna Berperan Meningkatkan Pengembangan Desa

Bojonegoro, 21/2 (Media Center) – Karang taruna merupakan salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi yang tumbuh dan berkembang atas dasar tanggung jawab sosial pemuda, karang taruna kemudian menjadi wadah organisasi bagi para pemuda yang memiliki bakat dan ketrampilan apapun untuk dikembangkan dalam peningkatan pengembangan pemerintah desa.

Ketua Karang Taruna Desa Kauman, Baiti Nur Saida mengatakan, dalam waktu dekat dia akan mengumpulkan seluruh ketua karang taruna di Kecamatan Baureno, dalam forum pemuda karang taruna (FPKT) Kecamatan Baureno.

“Dari adanya FPKT diharapkan bisa mengumpulkan seluruh ketua karang taruna dan bisa mensinergikan program kerja dari berbagai karang taruna,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Karang Taruna Desa Kauman, periode 2015-2018, Baiti Nur Saida, berharap, peran pemerintah desa maupun Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait dalam intervensi program karang taruna bisa meminimalisir adanya urbanisasi pemuda keluar daerah.

“Kami berharap bisa merubah pemikiran pemuda bisa memajukan desa, dengan kemampuan dan potensi dengan adanya karang taruna,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bojonegoro, Dandy Suprayitno, mengatakan, pihaknya akan melakukan pemetaan untuk menginventarisir kebutuhan dengan melibatkan pemuda secara langsung. Selain itu juga membentuk sebuah tim untuk melakukan pengawasan terhadap program-program yang digulirkan agar berjalan sesuai harapan.

“Tahun ini kami akan memetakan program apa saja yang dibutuhkan pemuda,” ujar Dandy.(*dwi/mcb)

Leave a Comment