Share

Karnaval SD-SMP Bojonegoro Angkat Potensi Lokal

Bojonegoro (Media Center) – Karnaval budaya tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Bojonegoro 2015 mengusung tema potensi lokal Bojonegoro, Sabtu ((06/09). Hal ini tampak dari masing-masing tema yang dibawakan 34 SD/MI dan 11 SMp/MTs yang kental dengan unsur budaya khas Bojonegoro seperti jaranan, sandur, legenda Angling Dharmo hingga Kahyangan Api.

Karnaval atau pawai ini menjadi hiburan rutin yang bisa dinikmati warga maupun wisatawan yang dilaksanakan menjelang Hari Jadi Bojonegoro (HJB). Sejak pagi, jalan-jalan protokol di kawsan perkotaan telah dipadati warga. Mereka sengaja datang untuk menunggu penampilan peserta Pawai Budaya tingkat SD dan SMP dalam rangka kemeriahan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 338.

Aneka kostum peserta dengan berbagai atribut yang berwarna-warni, mampu menyedot warga yang memadati badan jalan. Menurut warga setempat, peserta Pawai Budaya pada tahun ini, jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Penampilan peserta semakin bagus tiap tahun. Yang kurang hanya penataan penonton dan lalu lintas,” ujar Hendra, warga Kelurahan Kauman.

Dari banyaknya peserta, yang paling menarik perhatian adalah penampilan replika wayang thengul yang berukuran besar. Sekilas tampak seperti ondel-ondel dari Betawi, namun setelah diperhatikan, ternyata kreatifitas pelajar SMPN 6 tersebut mengusung tema wayang thengul.

Penampilan lainnya adalah dari SMPN 2 Bojonegoro yang mengusung tema negeri sakura jepang, meskipun belum sesuai dengan tema yang ditentukan panitia, namun barisan pelajar SMPN 2 ini cukup menggoda mata pengunjung dengan dominasi warna merah muda, lengkap dengan busana kimona dan bunga sakura raksasanya.(*mcb)

1 Comment on this Post

  1. computer troubleshooting

    Thanks for the marvelous posting! I quite enjoyed reading it, you are a great author.I will make sure to bookmark
    your blog and will come back at some point.

    I want to encourage continue your great job, have a nice afternoon!

    Reply

Leave a Comment