Share

Keluarga Balita Bojonegoro Peroleh Kartu Berobat

Bojonegoro, 20/7 (Media Center) – Keluarga balita Azizah (2,3 tahun) asal Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memperoleh kartu surat keterangan miskin untuk menjalani pengobatan di Rumah Sakit (RS) Dr. Soetomo Surabaya.

“Keluarga balita Azizah mencari surat keterangan miskin untuk berobat. Kami juga mengeluarkan rekomendasi karena ada surat rujukan dari dokter RSUD Sosodoro Djatikoesoemo bahwa ia (Azizah) harus berobat ke RS Dr. Soetomo Surabaya,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Peningkatan Kesejahteraan Sosial Disnakertransos Bojonegoro, Dwi Harningsih, Rabu (20/7).

Pemkab, menurut dia, menanggung biaya pengobatan Azizah selama menjalani perawatan di RS Dr. Soetomo Surabaya. Hanya saja kalau biaya perjalanan berobat dari Bojonegoro ke Surabaya, juga biaya akomodasi tidak ditanggung pemkab.

“Kalau biaya perjalanan ditanggung sendiri,” tandasnya.

Ia juga mengatakan orang tua Azizah yaitu Sajianto (42) dan Erni Hidayati (40) juga menginap di rumah singgah yang menjadi tempat menginapnya warga Bojonegoro yang berobat di Surabaya.

“Kami mengeluarkan surat rekomendasi rujukan pasien tidak mampu untuk berobat ke RS Dr. Soetomo Surabaya, rata-rata tujuh warga per bulan,” katanya.

Yang jelas, katanya, kedua orang tua Azizah pernah datang untuk memperoleh surat keterangan miskin yang bisa dimanfaatkan berobat ke rumah sakit (RS) milik pemerintah kabupaten (pemkab).

“Kalau tidak salah ibunya Erni Hidayati mencari surat keterangan untuk berobat sekitar Juni,” ucapnya.

Ia menambahkan pencari surat keterangan miskin untuk berobat yang tidak masuk dalam jamkesmas dan jamkesda masih terus berdatangan.

“Rata-rata yang datang mencari surat keterangan miskin untuk berobat 30 warga harinya,” ucapnya.

Surat keterangan itu, lanjut dia, bisa dimanfaatkan untuk berobat gratis di RSUD milik pemkab dan puskesmas. (*/mcb)

Leave a Comment