Share

Kembangkan Potensi Desa Dengan JIM

Bojonegoro (Media Center) – Lembaga Informasi dan Komunikasi Masyarakat Banyuurip Bangkit (Lima 2B) telah melakukan pertemuan di Balai Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro untuk membahas program Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) yang selama ini sudah berjalan.

Perwakilan Lima 2B, Edi Supra Eko, mengatakan, pertemuan kali ini mengusung tema bagaimana mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di desa serta strategi pemasaran yang efektif dgn memanfaatkan jaringan antar desa dan bagaimana memaksimalkannya.

“JIM ini menjadi sarana untuk melaksanakan hal itu,” kata dia.

Sementara itu, PGA, Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, EMCL, Rexy Mawardijaya, dmengatakan, JIM ini sebuah program untuk memotivasi desa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Kami dari EMCL mendorong supaya potensi desa bisa dimaksimalkan,”lanjutnya.

Dia mengungkapkan, selain mengembangkan potensi desa, juga memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh desa tersebut.

“Selama ini kami didampingi Lima2B Memfasilitasi JIM,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, semoga program ini bisa berkelanjutan dan berkoordinasi dengan Dinas Kominfo. Bahwa, suatu ketika program JIM ini bisa digabungkan dengan forum KIM di Bojonegoro.

“Sehingga bisa berkesinambungan dan memaksimalkan potensi masing-masing.
Tolong menolong antar desa dalam hal promosi, suplai, pemasaran dan sebagainya,” lanjutnya.

Sementara itu, Kades Sukoharjo Dwi Setiyono, mengatakan, saat ini potensi di desa Sukoharjo terdapat kerajinan batik, sablon, industri kecil seperti marning dan kripik tempe.

“Yang baru saja dikembangkan budidaya lele,semoga bisa berjalan sdengan baik,” imbuhnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment