Share

Kemenag Bojonegoro Gelar Lomba Baca Puisi

Bojonegoro (Media Center) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Rabu (18/12/2023) menggelar lomba baca puisi yang diikuti siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Mts dan Madrasah Aliyah (MA) baik negeri maupun swasta dalam hari amal bakti Kemenag Ke-68.

“Lomba baca puisi ini merupakan yang pertama memperebutkan piala Kemenag Bojonegoro, selain juaranya memperoleh uang pembinaan,” kata Ketua Panitia Baca Puisi Piala Kemenag Bojonegoro Edy Kuncoro.

Ia menjelaskan peserta lomba baca puisi dibagi menjadi tiga kategori yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan jumlah 43 peserta, Mts 109 peserta dan MA 79 peserta.

“Masing-masing kategori akan ada juaranya masing-masing, sebagai usaha membedakan antara peserta MI, Mts dan MA,” jelasnya.

Panitia, katanya, menentukan setiap peserta lomba baca puisi baik tingkat MI, Mts dan MA diwajibkan membaca satu puisi dari karya sastrawan ternama di Tanah Air yang sudah disediakan panitia, antara lain, karya WS Rendra, Emha Ainun Nadjib dan Mustofa Bisri.

“Rata-rata peserta lomba baca puisi sangat antusias, sebab baru pertama kalinya ada lomba baca puisi di lembaga pendidikan di jajaran kemenag. Sesuai agenda lomba baca puisi ini akan digelar setiap tahun,” katanya, menegaskan.

Menurut dia, penjurian lomba baca puisi dilakukan sastrawan di daerahnya, di antaranya, Sapari, Bambang Soen, Agus Sighro Budiono, dan Gampang Prawoto.

Ia juga menambahkan Kemenag selain menggelar lomba baca puisi juga menggelar berbagai lomba lainnya, dalam rangka hari amal bakti Kemenag ke-68. (samcb)

Leave a Comment