Share

Kemensos Gelar Sosialisasi BPNT di Bojonegoro

Bojonegoro, 12/11 (Media Center) – Kementerian Sosial Republik Indonesia menggelar sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Bojonegoro, Senin dan Selasa (12-13/11). Dalam agenda yang digelar di salah satu hotel di Bojonegoro ini juga dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi 8, Bambang Budi Santoso sekaligus pembuka acara yang diikuti ratusan peserta dari 28 kecamatan se-Bojonegoro.

Direktur Penanganan Fakir Miskin, Pesisir, Pulau-pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara, Abdul Hayat mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk menyebarluaskan informasi mengenai BPNT yang dulunya dikenal sebagai raskin (beras miskin) atau rastra (beras sejahtera).

“Bentuk bantuannya berupa kartu keluarga sejahtera (KKS) yang tiap bulannya bisa dipakai berbelanja di e-warung terdekat,” terangnya.

Jika sebelumnya BPNT hanya berupa beras, saat ini bantuan yang diterima berupa telur dan beras. Bantuan ini bisa dicairkan dengan cara berbelanja di e-warung tiap tanggal 25 setiap bulannya. Besarannya, masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan dana deposit dalam kartu sebesar Rp120 ribu.

“Warga bebas mau berbelanja beras saja, telur saja, atau beras dan telur sekaligus dengan dana tersebut,” imbuhnya.

Untuk tempat berbelanja, ia menambahkan, saat ini ada 299 e-warung yang sudah bekerjasama dengan Kemensos. PKM bebas berbelanja di e-warung manapun menggunakan KKS.(*lya/mcb)

Leave a Comment