Share

Kementerian ESDM Beri Izin Bojonegoro Bangun Kilang Mini

Bojonegoro, 18/10 (Media Center) – Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) telah memberikan izin untuk membangun kilang mini di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Rencananya, kilang mini akan dibangun oleh PT Tierra bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS). Serta, PT Humpus yang sudah menguruk lahan di Desa Sumengko Kecamatan Kalitidu.

“Prosesnya sekarang adalah perjanjian jual beli minyak atau PJBM,” ujar Direktur Utama PT Asri Dharma Sejahtera, Ganesha Askari, Senin (17/10).

Ganesha mengungkapkan, pemerintah memberi waktu selama dua tahun terhitung tahun 2016 ini untuk membangun kilang mini. Apabila PT BBS dan mitranya serta PT Humpus tidak mampu menyelesaikan pembangunan maka pemberian jatah minyak mentah dibatalkan.

“Jadi target pembangunan kilang mini dua tahun, jika tidak bisa menyelesaikan ya Perjanjian Jual Beli Minyak-nya hangus,” tandasnya.

Alokasi minyak mentah untuk Kabupaten Bojonegoro yaitu sebesar 30.000 barel perhari. Rinciannya, PT BBS 10.000 Bph, PT Humpus 10.000 dan PT Triwahana Universal 10.000 Bph.

“Kalau sekarang, PT TWU sudah dapat 6000 Bph dari PEPC, tinggal menunggu tambahan dari pemerintah 10.000 Bph,” lanjutnya.

Pemerintah telah menyetujui pemberian alokasi minyak mentah tersebut dari porsi minyak proporsional. Yakni, dari ExxonMobil Cepu Limited, PEPC, dan Badan Kerjasama (BKS).(dwi/mcb)

Leave a Comment