Share

Kerugian Akibat Terjangan Puting Beliung di Bojonegoro Capai Rp588 Juta

Rumah ambruk akibat angin puting beliung

Bojonegoro, 25/12 (Media Center) – Kerugian yang diakibatkan terjangan angin puting beliung di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dari bulan Januari hingga pertengahan Desember 2018 mencapai Rp588.050.000. Jumlah itu nilainya bervariasi dari kerugian paling kecil sebesar Rp5 juta sampai Rp200 juta.

Plt. Badan Penanggulangan Bencaba Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia, mengungkapkan, puting beliung menerjang 59 desa di 22 kecamatan.

22 Kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Bojonegoro, Kapas, Purwosari, Sekar, Balen, Ngasem, Kedungadem, Dander, Padangan, Tambakrejo, Gondang, Baureno, Sukosewu, Kalitidu, Kepohbaru, Temayang, Gayam, Ngraho, Sugihwaras, Kanor, Bubulan, danTrucuk.

“Kerugian terbesar saat puting beliung menerjang GOR Dabonsia di Desa Ngumpak Dalem, Kecamatan Dander yang mencapai Rp200 juta,” ujarnya.

Selain merobohkan dan merusak bangunan, angin puting beliung juga menumbangkan beberapa pohon di jalur utama jalan provinsi maupun kabupaten. Selama ini, pihaknya telah melakukan assesment untuk kerusakan rumah dan kategori kerusakan.

“Setelah ada laporan dari masing-masing Kecamatan, ada santunan untuk rumah yang rusak parah dan bantuan sembako,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment