Share

Kerugian Kebakaran di Bojonegoro Capai Rp14,9 Miliar

Bojonegoro (Media Center) – Kerugian dalam 64 kejadian  kebakaran di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mencapai Rp14,9 miliar lebih, meningkat dibandingkan kerugian kebakaran tahun lalu yang hanya sekitar Rp7 miliar.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Sukirno, Selasa (29/9), mengatakan, kerugian kebakaran sebesar Rp14,9 miliar lebih dalam 64 kebakaran, sejak 1 Januari sampai 28 September.

Kebakaran terakhir, lanjut dia, melanda sebuah kandang ayam milik Jauri (45), di Desa Ngadiluhur, Kecamatan Ngasem, 24 September.

“Kandang yang terbakar kosong tidak ada ayamnya,” ucapnya.

Menjawab pertanyaan, ia menjelaskan meningkatnya kerugian kebakaran tahun ini, karena dalam kebakaran industri mebel di Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, mengakibatkan kerugian Rp12 miliar lebih, pada 4 Februari.

“Kerugian kebakaran menjadi besar, sebab bahan kayu jati kualitas bagus ikut terbakar,” jelas dia.

Dalam kebakaran di industri mebel itu, juga mengakibatkan satu karyawannya yaitu Abdul Ghoni (37), tewas terbakar.

Korban tewas lainnya dalam kejadian kebakaran yaitu Siti Muntiah (45) ditemukan meninggal di rumahnya yang terbakar di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, 16 Agustus.

Selain itu, Kasmilah (90), warga Desa Balongdowo, Kecamatan Kepohbaru, ditemukan meninggal di dalam rumahnya yang terbakar, 4 September dan Warimin, warga Desa Baloncabe, Kecamatan Kedungadem, ditemukan meninggal di jerami yang terbakar.

“Sejauh yang kami ketahui korban tewas dalam kejadian kebakaran bukan ada unsur kesengajaan atau korban pembunuhan,” tandasnya.

Ia menambahkan penyebab kejadian kebakaran rumah, gudang, warung, jerami, lahan tebu juga bangunan lainnya, di daerahnya didominasi hubungan pendek arus listrik, dan pembakaran sampah.

“Kami minta masyarakat memanfaatkan kabel listrik rumah yang standar untuk menghindari hubungan pendek arus listrik, yang bisa menimbulkan kebakaran,” kata Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, menegaskan. (sa/mcb)

Leave a Comment