Share

KIM Bojonegoro Ajak Masyarakat Untuk Lebih Bijak Kelola Media Sosial

Bojonegoro, Media Center – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bojonegoro mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Dunia maya dinilai telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat karena kemudahan akses dan alur pengolahan informasi sangat berkembang pesat di dalamnya.

Ajakan ini disampaikan oleh pegiat KIM Bojonegoro, Didik Jatmiko pada acara Kopilaborasi (Ngopi dan Kolaborasi Serap Aspirasi) di Ruang Andrawina Hotel Aston Bojonegoro, Selasa (17/11/2020). Didik mengatakan media sosial kini menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat untuk mengakses informasi.

“Perputaran informasi berkembang sangat pesat di media sosial, KIM mengajak masyarakat untuk menjaring segala informasi yang didapatkan dengan cara “Saring sebelum Sharing” artinya informasi yang didapatkan jangan langsung ditelan mentah-mentah melainkan harus di cek dulu kebenarannya, asal muasal informasi tersebut, dan akun yang menyebarkan informasi tersebut,” kata Didik.

Langkah tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran berita bohong atau Hoax dan mengaktifkan peran masyarakat dalam pencegahan radikalisme dan terorisme.

“Di era millenial ini media sosial (Facebook dan Instagram) lebih banyak diminati oleh masyarakat khususnya pada kalangan anak muda. Pemilik akun harus lebih bijak dan cermat,” ungkapnya.

Setelah masyarakat mengerti dan bijak dalam mengolah informasi, diharapkan dapat menjadi bentuk kewaspadaan bersama untuk menangkal berkembangnya tindak radikalisme dan terorisme.

“Banyak suatu perkara timbul akibat kejahatan dari kelincahan ibu jari kita sendiri. Hal ini dapat menjadi momok menakutkan apabila kita tidak cermat dalam menerima informasi,” pungkasnya.(AFN)

Leave a Comment