Share

KIM Mlaten Kalitidu, Diproyeksikan Jadi Pelopor Pamanfaatan TIK

Nantinya, mereka akan menyebarkan pengetahuan mereka kepada yang lainnya

Bojonegoro (Media Center) – Menyadari pentingnya pemanfaatan tekhnologi sebagai salah satu akes informasi dan komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro Jawa Timur, terus melakukan program-program terobosan di bidang Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hari ini (3/4/2014), warga Bojonegoro, khususnya di Desa Mlaten, Kecamatan Kalitidu, dilatih untuk memanfaatkan TIK guna berbagi dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. “Harapan kami, disini menjadi pelopor dalam hal pemanfaatan TIK untuk pembangunan desa,” jelas Joko Suhermanto, Kepala Bidang Jaringan Komunikasi, Dinas Kominfo Bojonegoro.

Sejumlah warga Desa Mlaten, yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), beserta perangkat desa setempat, diajari untuk terbiasa menggunakan dan memanfaatkan TIK untuk hal-hal yang bersifat membangun. “Nantinya, mereka akan menyebarkan pengetahuan mereka kepada yang lainnya,” tambahnya.

Selain secara teoritis, pihak Dinas Kominfo Bojonegoro yang didampingi oleh tim dari Media Center Mas Toemapel Bojonegoro, juga memberi kesempatan pada mereka untuk mempraktikkan pemanfaatan TIK. “Mereka memilih menggunakan blog, selama ini salah satu kendalanya adalah fasilitasnya,” tambah Mochammad Rifai, salah satu tenaga tekhnis Media Center Mas Toemapel Bojonegoro.

Dari dialog yang dilakukan, kebanyakan warga, terutama para pemudanya, baru memanfaatkan ponsel sebagai alat komunikasi dan hiburan. “Mereka sebenarnya ada minat untuk lebih bisa memanfaatkan, misalnya melalui blog dan browsing, hanya saja terkendala dengan kebiasaan,” tambahnya.

Di Desa Mlaten sendiri adalah KIM pertama yang didatangi oleh tim Media Center Mas Toemapel, yang untuk selanjutnya bakal diikuti dengan kegiatan serupa di tempat lain. “Biasanya mereka yang datang, tapi karena ini tempatnya jauh, jadi kami yang datang,” jelasnya.

Pihak Dinas Kominfo Bojonegoro salama ini telah secara aktif memfasilitasi warga Bojonegoro dalam hal pemanfaatan TIK diantaranya melalui program Klinik TI di Media Center Mas Toemapel, serta memfasilitasi petani dan peternak di Bojonegoro dalam program pendampingan dan fasilitasi Cyber Ekstension.

Klinik TI sendiri telah mulai dimanfaatkan oleh hampir seluruh komponen masyarakat, bukan hanya para petani dan peternak, berbagai kalangan, baik pelajar maupun lainnya juga telah memanfaatkan Klinik yang fokus pada masalah-masalah pemanfaatan TIK ini. (*/demcb)

Leave a Comment