Share

Klenyerkan Jalan Desa Guyangan, Pemkab Siapkan 2 Miliar Lewat BKD

Bojonegoro – Desa Guyangan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro menerima Bantuan Keuangan Desa (BKD) sejumlah Rp2 miliar. Nantinya, dana bersumber dari APBD ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan.
 
Pembangunan infrastuktur jalan ini sesuai serapan aspirasi masyakarat yang disampaikan oleh Sunardi. Terkait jalan di depan Balai Desa Guyangan, Kecamatan Trucuk mulai dari Jembatan Sosrodilogo. Aspirasi tersebut disampaikan saat acara Sambang Desa di Dusun Bungas, Desa Guyangan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (1/10/2021).
 
Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah serta merta menjawab aspirasi masyarakat secara langsung. Bupati Anna menyampaikan, Desa Guyangan menerima BKD Rp2 miliar yang nantinya digunakan untuk membangun jalan. Imbauan pada masyarakat agar bersama-sama mengawal pembangunan infrastruktur demi kepentingan bersama.
 
“Sudah saya cek. Masuk BKD 2021. Masyarakat diimbau turut mengawasi agar sesuai ukuran. Bagi yang belum agar menunggu karena ada 140 jalan desa.”
 
Bupati Anna menjelaskan, pembangunan jalan poros desa bisa menggunakan Dana Desa (DD), tapi karena refocusing anggaran terkait penanganan Covid, maka Pemkab Bojonegoro membantu lewat BKD.
 
“Sebentar lagi uangnya turun, tolong dilakukan pengerjaan,” tuturnya.
 
Bupati menjelaskan, pengunaan BKD untuk infrastruktur jalan karena jalan tersebut merupakan aset desa. Secara regulasi, Pemkab tidak boleh membangun. Pemkab hanya boleh membantu keuangan desa dan desa yang melaksanakan.
 
“Uang untuk pembangunan jalan dan harus dipertanggungjawabkan. Tahun 2021 kami menyelesaikan 240 desa yang menggunakan BKD, yang belum mohon bersabar karena nanti akan ada lagi,” imbuh Bupati Anna.
 
Acara yang digelar untuk menjaring aspirasi dan berdialog langsung dengan masyarakat ini dihadiri oleh Kadin Dinkominfo, Kadin Dinsos, Plt Kepala Dinas PU SDA, Forkopimca, Camat Trucuk, Kepala Desa se-Kecamatan Trucuk, pemdes, dan tokoh masyarakat. Tema yang diusung yakni optimalisasi pemberdayaan masyarakat melalui penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan dan pembangunan infrastruktur sumberdaya air. [cs/*]

Leave a Comment